Wednesday , December 7 2022
5 Tempat Wisata Indonesia Yang Wajib Untuk Dikunjungi

5 Tempat Wisata Indonesia Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Terkenal sebagai negara kepualauan, Indonesia terdiri dari gugusan pulau yang dipisahkan oleh lautan. Namun bukan sekadar lautan, tapi juga pemandangan di dalamnya begitu luar biasa, sehingga tidak heran jika negeri yang terletak di garis khatulistiwa ini memiliki tempat wisata bahari yang begitu menjanjikan. Tidak hanya lautnya yang biru, tempat wisata indonesia juga kaya budaya. Hamparan pasir putih, pegunungan yang sejuk, pemandangan yang indah terhampar di beberapa pulau. Penasaran tempat wisata Indonesia yang wajib untuk dikunjungi? Berikut daftarnya.

 

1. Bali

Tempat wisata di Indonesia yang mendunia yang pertama adalah Bali. Telah ratusan penghargaan yang didapatkan Bali sebagai destinasi wisata terbaik dan terfavorit dari kelas internasional. Baru-baru ini, Bali masuk kedalam Top 4 Travelers Choice Awards 2022 Most Popular Destinations dari Tripadvisor. Berbicara mengenai Bali memang tidak ada habisnya. Selalu ada tempat wisata yang baru setiap tahunnya. Dari wisata alam sampai budaya, Bali memiliki semua. Beberapa ikon wisata Bali yang populer yaitu Tanah Lot, Seminyak, Pura Luhur Uluwatu, Ubud, Danau Bedugul, dan masih banyak lagi.

Jika Kamu menyukai wisata alam, Kamu wajib mencoba mengunjungi Pulau Nusa Penida. Untuk menuju Pulau Nusa Penida, Kamu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari daratan utama Bali. Kamu bisa melihat berbagai pantai pasir putih yang luar biasa. Antara lain adalah Pantai Diamond, Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, dan Pantai Kelingking yang ikonik, yang daratannya berbentuk menyerupai Tyrex.

 

2. Taman Nasional Komodo.

Tempat wisata di Indonesia berikutnya adalah Taman Nasional Komodo. Sesuai dengan namanya, pulau ini merupakan habitat kadal purba raksasa Komodo yang hanya dapat ditemui di Indonesia. Pulau Komodo terdiri dari 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Taman Nasional Komodo terletak di ujung paling barat provinsi Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya dapat melihat hewan prasejarah Komodo saja, ada beberapa destinasi wisata yang lain di Kawasan Taman Nasional Komodo yang menarik untuk dikunjungi. Antara lain Labuan Bajo, Pink Beach, Wisata Budaya Kampung Melo, dan snorkeling di Pulau Manjarite. Di Labuan Bajo, terdapat salah satu resort populer yang didesain mirip seperti Santorini, Yunani. Tidak hanya itu, Kamu bisa melakukan trip menggunakan cruise untuk menikmati keindahan jajaran Kepulauan Komodo dari atas laut.

 

3. Taman Nasional Bunaken

Tempat wisata di Indonesia yang satu ini menyajikan keindahan biota lautnya yang sangat luar biasa. Taman Nasional Bunaken yang terletak di provinsi Sulawesi Utara. Sama seperti Bali, Taman Nasional Bunaken sudah lama menjadi primadona wisata Indonesia. Diresmikan sejak tahun 1991, Kawasan Taman Nasional Bunaken mempunyai luas mencapai 89.065 hektare. Kawasan ini mencakup 5 pulau utama yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen.

Tidak heran jika Taman Nasional Bunaken memiliki keanekaragaman biota laut yang kaya karena terletak di area pusat Segitiga Terumbu Karang yang membentang di perairan Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste. Terdapat kurang lebih 390 spesies terumbu karang, 2.000 spesies ikan karang, 200 spesies moluska, dan 8 spesies mamalia laut pada Kawasan Taman Nasional Bunaken. Banyak sekali ya? Dari Kota Manado mengarah Bunaken hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit saja! Bagaimana, tertarik?

 

4. Raja Ampat

Selain Bunaken, tempat wisata di Indonesia yang memiliki keragaman biota laut yang luar biasa yaitu Raja Ampat, yang berada di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat merupakan salah satu Kawasan 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah Indonesia sejak tahun 2015. Tujuan didirikan 10 Bali Baru tidak lain untuk memeratakan potensi wisata yang ada Indonesia yang tidak hanya berpusat di Bali saja. Pemilihan Raja Ampat sebagai destinasi 10 Bali Baru memanglah tidak salah. Permata dari Timur merupakan julukan yang tepat untuk Kawasan wisata Raja Ampat. Bagaimana tidak, Kalian akan disajikan oleh beningnya air laut dan pantai pasir putih yang masih alami. Saking bersihnya udara di Kawasan Raja Ampat, Kamu bisa menyaksikan hamparan bintang yang terang bersinar pada malam hari.

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari 4 pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Untuk pecinta diving dan snorkeling, Raja Ampat adalah surganya. Tidak heran, Raja Ampat merupakan surga bagi 75% spesies karang yang ada di dunia, berdasarkan informasi dari The Nature Conservancy and Conservation International. Terdapat kurang lebih 1.318 spesies ikan, 699 spesies moluska, dan 537 spesies terumbu karang tersebar di kedalaman laut Raja Ampat. Tahun 2023 menuju Raja Ampat?

 

5. Derawan

Berbicara mengenai pantai dan keanekaragaman dunia bawah laut, Indonesia memanglah tidak ada habisnya. Tempat wisata di Indonesia kali ini letaknya di ujung utara Indonesia persisnya di Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Destinasi wisata tersebut bernama Kepulauan Derawan. Daya tarik utama Kepulauan Derawan ini tentunya adalah sajian pantai pasir putih yang luas dan taman bawah lautnya. Ada 4 pulau utama dari gugusan pulau Derawan yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Di Pulau Maratua, Kamu bisa menyaksikan keindahan birunya laut, melakukan diving dan snorkeling, serta menelusuri Gua Halo Tabung. Sementara itu, di Pulau Kakaban Kamu bisa berenang bersama ubur-ubur yang tidak menyengat, tepatnya di Danau Air Payau! Yang tidak kalah menarik, Pulau Derawan memiliki destinasi wisata Danau Labuan Cermin. Dari namanya, tentu Kamu sudah dapat menebak karena airnya sangat jernih yang bahkan bisa digunakan untuk bercermin. Menarik bukan?

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata Indonesia yang wajib kalian kunjungi, semoga informasi ini bermanfaat untuk Kalian.